Cari

Minggu, 06 November 2011

Gambar Penderita Katarak

Nasional – Indonesia sampai sekarang masih tercatat sebagai negara tertinggi jumlah penderita kataraknya di tingkat Asia Tenggara. Sekitar lebih dari 240.000 orang dalam setahun penderita katarak.

Penyakit katarak banyak terjadi di negara-negara tropis seperti Indonesia dan angka tertingginya di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan faktor penyebab katarak, yakni sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Penyebab lainnya ialah kekurangan gizi yang dapat mempercepat proses berkembangnya penyakit katarak. Sayangnya, Seorang penderita katarak sering kali tidak menyadari mereka telah mengalami gangguan katarak.

Sebagian besar penderita belum mampu melakukan operasi, karena operasi ini membutuhkan biaya yang cukup besar sekitar Rp. 4-5 juta . Untuk mengurangi jumlah angka penderita, Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) mengadakan operasi katarak gratis untuk masyarakat yang kurang mampu. Untuk Pembiayaan berasal dari kerja sama dengan Sido Muncul. Kegiatan tersebut diadakan di RS Pelabuhan Cirebon dan RS Pelabuhan Palembang.

Perdami menuturkan bahwa “mahalnya biaya pengobatan juga salah satu faktor masyarakat tidak mau berobat, dan semakin meningkatnya penderita katarak akan mengalami kebutaan”. Dalam waktu delapan bulan, sekitar 3.493 masyarakat sudah melakukan operasi katarak. Tetapi Perdami menargetkan operasi gratis sebanyak 6.000 orang. Masyarakat mengancungi jempol dan senang atas kegiatan tersebut.

Sumber : Seputar Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar