Cari

Senin, 05 Maret 2012

Ilustrasi Katarak

Katarak pada dasarnya adalah perubahan pada kebeningan struktur lensa secara keseluruhan. Lensa mata yang normal tampak bening, sedangkan yang mengalami katarak diselimuti oleh protein sehingga akan terlihat agak keruh.

Katarak pada orang dewasa muncul akibat dari penuaan dan pajanan radiasi ultraviolet. Biasanya timbul pada usia di atas 60 tahun. Gejala umum yang timbul adalah:

  1. Penglihatan yang kabur (walaupun telah memakai kaca mata)
  2. Warna terlihat seperti pudar
  3. Silau bila terkena cahaya
  4. Tidak dapat melihat dengan baik pada malam hari
  5. Pengelihatan ganda

Proses terjadinya katarak pada orang dewasa dapat dipercapat karena adanya masalah kesehatan lain seperti diabetes. Kerusakan dapat pula disebabkan oleh trauma, inflamasi mata (iritis dan uveitis), atau obat tertentu yang dikonsumsi untuk penyakit lain (kortikosteroid) juga dapat menyebabkan katarak terbentuk.

Proses kemunculan katarak bisanya berangsur-angsur. Penyesuaian kaca mata, pencahayaan yang lebih terang, sunglasses, atau kaca pembesar dapat menolong pada fase awal. Menggunakan kaca mata hitam dan topi untuk menahan ultraviolet dapat menghambat munculnya katarak.

Operasi Katarak merupakan operasi yang tepat, cepat dan aman, biasanya memerlukan waktu libeh kurang 15 menit oleh spesialis ahli bedah mata yang berpengalaman. Selama proses ini, lensa yang keruh akan diangkat melalui irisan kecil dan menggantinya dengan lensa fleksibel buatan yang disisipkan juga melalui irisan tersebut. Tingkat keberhasilan operasi makin tinggi jika operasi dilakukan sebelum katarak menjadi mature/dewasa. Banyak kasus yang mengalami perbaikan sepenuhnya setelah melewati proses operasi katarak.

Sumber:

http://www.emedicinehealth.com/cataracts/page2_em.ht

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/cataract.html

http://www.eyewisevision.com.sg/services_cataract.htm?gclid=CJfQz5vZhp4CFRUwpAodl1mgrw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar