Cari

Selasa, 31 Juli 2012

Katarak Dapat Kambuh Lagi Pascaoperasi


Katarak Dapat Kambuh Lagi Pascaoperasi

KOMPAS.com - Operasi merupakan satu-satunya jalan untuk menyembuhkan penyakit mata katarak. Namun yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah setelah dioperasi katarak bisa kambuh lagi? Jawabannya adalah ya!

"Kemungkinan kambuh tetap ada meskipun kecil antara 5-10 persen," kata Dr Sanduk Ruit, pakar ophtalmology asal Nepal dalam acara media briefing, Selasa (10/1/2012), di Jakarta.

Akan tetapi, hal tersebut lanjut Ruit tidak perlu terlalu dicemaskan. Pasalnya, kekambuhan tidak akan terjadi apabila hasil operasi berjalan lancar dan sempurna. "Kebanyakan yang kambuh adalah mereka yang masih muda. Karena masih ada kemungkinan jaringan pada matanya berkembang," tambah dokter yang menjabat sebagai Direktur Medis di Institut Tilganga, Nepal tersebut .

Pada kasus-kasus tertentu, lanjut Ruit, lensa yang jernih dapat berubah menjadi keruh. Keruhnya kantung lensa inilah yang disebut sebagai katarak yang kambuh lagi atau disebut sebagai PCO (posterior capsular opacity). PCO ini dapat muncul pada beberapa bulan atau tahun setelah operasi.

Kabar baiknya, untuk mereka yang mengalami kekambuhan seperti ini, tidak perlu untuk melakukan operasi kembali. Cukup dengan tindakan laser dan lensa akan kembali jernih.

"Kita hanya perlu menggunakan mesin yang disebut YAG (yettrium aluminium garnet).  Dengan membuat lubang kecil tanpa operasi," jelasnya.

Ruit memaparkan bahwa ada 3 teknik yang umumnya digunakan untuk melakukan operasi mata katarak. Yang pertama yaitu teknik phcoemulsification. Ini adalah teknik paling modern dengan menggunakan mesin dimana dapat memecahkan katarak menggunakan laser setelah itu di sedot keluar. Teknik ini hasilnya cukup bagus tetapi kendalanya adalah memerlukan mesin yang mahal dan mikroskop yang sangat besar. Di beberapa negara maju sudah banyak yang menggunakan alat ini. Sedangkan di Indonesia, baru beberapa rumah sakit tertentu saja yang mempunyai alat ini.
Teknik kedua adalah Small Incision Cataract Surgery (SICS). Ini adalah salah satu teknik bedah katarak yang umum digunakan di negara berkembang. Teknik ini biasanya membuahkan hasil visual yang baik. Prosedurnya tidak memerlukan mesin yang besar dan mikroskop yang dipakai portable alias bisa dibawa kemana-mana. Harga lensanya sangat murah yakni seperlima dari harga lensa phco.

Sedangkan teknik yang terakhir adalah metode pembedakan dengan jahitan.  Teknik ini selain membutuhkan waktu operasi yang lama, proses penyembuhan pascaoperasi juga cenderung lebih lama.

Sumber : http://health.kompas.com/read/2012/01/11/09160112/Katarak.Dapat.Kambuh.Lagi.Pascaoperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar