Cari

Rabu, 07 November 2012

Setahun Muncul 210 Ribu Kasus Katarak

Setahun Muncul 210 Ribu Kasus Katarak

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Dalam setahun muncul 210 ribu orang di Indonesia yang mengidap penyakit katarak. Dari jumlah itu hanya 70 % yang bisa tertangani dengan operasi.Demikian disampaikan Direktur RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan, dr Maskuri dalam kegiatan operasi katarak massal yang digelar untuk memeriahkan peringatan milad ke-90 Muhammadiyah Cabang Pekajangan, Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, hari ini (4/11).

Kegiatan pengobatan gratis untuk penderita penyakit katarak digelar di empat lokasi yaitu Desa Wuled (Tirto), Pesaren (Batang), Pamutuh (Lebakbarang) dan di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan.
Dari data Kementerian Kesehatan, kata dia, setiap tahun terjadi sekitar 210 ribu kasus katarak, nsmun hanya 30% di antaranya yang dapat terselesaikan.

Akibatnya, terjadi penumpukan kasus katarak setiap tahunnya yang makin tinggi. Tingginya angka kebutaan dikarenakan masih belum berjalannya sistem rujukan dari pelayanan primer ke rumah sakit, mahalnya biaya operasi, dan kondisi ekonomi penderita katarak.

"Operasi katarak ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan melalui operasi katarak," jelasnya.

Ketua Cabang Muhammadiyah Pekajangan Drs H Riyanto Chadhiri dalam sambutannya mengatakan, operasi katarak massal itu diharapkan bisa memberikan manfaat dan bisa menyembuhkan masyarakat yang terkena katarak.

Perwakilan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Jawa Tengah, yang ikut terlibat dalam kegiatan itu, dr Trilaksana SpM mengatakan, Indonesia harus bisa memberantas kebutaan tahun 2020. "Jawa Tengah tahun 2011 telah menyelenggarakan operasi katarak 1300 mata dari target 1500," tandasnya.
( Muhammad Burhan / CN33 / JBSM )

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/11/04/134557/Setahun-Muncul-210-Ribu-Kasus-Katarak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar