Cari

Minggu, 02 Desember 2012

353 Orang Operasi Katarak Gratis di PKU Gombong

353 Orang Operasi Katarak Gratis di PKU Gombong

 0

  0
image
PERIKSA MATA: Seorang pasien diperiksa matanya sebelum mengikuti operasi katarak gratis di RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Minggu (2/12). (suaramerdeka.com/ Supriyanto)
KEBUMEN, suaramerdeka.com - Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen bekerja sama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta kembali menggelar operasi katarak massal gratis, Minggu (2/12). Proses operasi ditangani oleh 20 dokter spesialis mata dari Perdami yang diketuai oleh Prof dr H Suhardjo SU SpM.
Operasi katarak berlangsung selama dua hari. Hari pertama untuk men-screening para pendaftar dan hari berikutnya pelaksanaan operasi.
Selama sebulan pendaftaran dibuka, jumlah warga yang mendaftar mencapai 353 orang. Mereka berasal dari Kebumen, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Magelang hingga Surakarta.
Ketua Panitia Operasi Katarak Massal Gratis dr M Miftahudin menjelaskan, dari 353 pendaftar, setelah di-screening, sebanyak 82 orang bisa dioperasi karena sebagai penderita katarak yang sudah matur.
"Pasien yang tidak lolos seleksi, katarak yang diderita belum matur atau katarak yang post matur. Namun ada juga karena penyakit mata lainnya seperti pterigium dan glaukoma," ujar dr M Miftahudin kepada Suara Merdeka di sel-sela acara.
Selain itu ada beberapa faktor sehingga mereka belum bisa dioperasi. Seperti karena tekanan darah tinggi atau gula darahnya tinggi. Pasien yang tidak lolos seleksi dianjurkan mengikuti kegiatan serupa tahun depan. "Sebab kegiatan ini diagendakan setiap tahun," imbuhnya.
( Supriyanto / CN33 / JBSM
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com 
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerryhttp://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad





Tidak ada komentar:

Posting Komentar