Cari

Senin, 25 Februari 2013

Awas, minum vitamin mampu menyebabkan katarak!

Vitamin pada dasarnya menyehatkan. Namun jika dikonsumsi berlebihan, vitamin ternyata mampu meningkatkan risiko penyakit katarak.

Peneliti tepatnya menyebutkan kadar vitamin E berlebihan setidaknya memicu 60 persen risiko katarak. Sementara vitamin C ternyata juga meningkatkan risiko kebutaan pada mata sebesar 20 persen jika dikonsumsi terlalu banyak.

Sebanyak 31.000 responden berusia 45-79 terlibat dalam penelitian dari Karolinska Institute di Stockholm ini. Hampir 3.000 orang dari mereka membutuhkan perawatan khusus pada mata.

Suplemen vitamin C dan E sebelumnya diduga mampu melindungi mata dari katarak dan kebutaan karena keduanya kaya akan antioksidan. Namun jika kebanyakan dikonsumsi, ternyata keseimbangan protein pada mata menjadi terganggu dan justru menimbulkan penyakit.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail (25/02), tubuh manusia tidak mampu memproduksi atau menyimpan vitamin C. Sumbernya hanya berasal dari buah-buahan dan sayuran sejumlah 40 miligram sehari. Khasiatnya adalah untuk menjaga kesehatan sel dan mempercepat penyembuhan.

Peneliti pun menyarankan agar masyarakat memerhatikan suplemen vitamin yang dikonsumsi. Jangan sampai satu tabletnya mengandung lebih dari saran harian dari para ahli.

SUMBER:http://www.merdeka.com/sehat/awas-minum-vitamin-mampu-menyebabkan-katarak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar