Cari

Kamis, 04 April 2013

Mata Kena Tinju, Muncul Katarak Berbentuk Bintang

Jakarta, Penyakit katarak pada mata berbahaya jika tak segera ditangani sebab bisa berujung pada kebutaan. Di Austria, baru-baru ini ada sebuah kasus unik di mana seorang pria memiliki katarak pada matanya yang berbentuk seperti bintang. Keganjilan ini muncul setelah ia terkena tinju.

Pria berusia 55 tahun tersebut memeriksakan diri ke dokter karena penglihatannya semakin memburuk selama 6 bulan terakhir. Sembilan bulan sebelumnya, pasien tersebut pernah kena tinju pada bagian matanya. Menurut dokter, katarak memang sering muncul setelah mata terkena pukulan.

"Alam telah membuat katarak yang indah. Kebanyakan tidak begitu cantik," kata dr Mark Fromer, seorang dokter mata di Lenox Hill Hospital di New York City seperti dilansir NBC News, Kamis (4/4/2013) setelah melihat foto mata si pasien.

Menurut dr Fromer, pukulan pada mata yang paling sering memicu katarak adalah akibat benturan atau pukulan bola ketika berolahraga. Benturan pada mata akibat kantung udara mobil yang mengembang juga kadangkala bisa memicu katarak.

Apabila bola mata terpukul, energi pukulan menyalurkan gelombang kejut lewat mata dan mengganggu lensa mata. Hal ini akan membuat lensa menjadi buram pada daerah tertentu. Pada kebanyakan kasus, katarak terlihat mirip kabut berwarna putih atau kekuningan.

Pasien di Austria yang memiliki katarak berbentuk bintang ini lalu diobati dengan prosedur yang disebut 'phacoemulsification', yaitu prosedur yang menggunakan gelombang suara untuk memecah bagian lensa yang buram, kemudian mengeluarkannya dengan vakum.

Lensa mata yang rusak kemudian diganti dengan lensa buatan. Operasi katarak seperti ini adalah operasi yang paling banyak dilakukan di dunia. Di AS saja, sebanyak 2 juta prosedur dilakukan setiap tahunnya.
(pah/vit)
Sumber : 
http://health.detik.com/read/2013/04/04/102415/2211181/763/mata-kena-tinju-muncul-katarak-berbentuk-bintang?880004755

















OPERASI KATARAK MURAH
Cukup dengan Rp.3.750.000/mata,untuk keterangan lebih lanjut dapat hubungi :
 

Philips: 0855 789 10 25
Ravael: 0813 190 429 60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar