Cari

Kamis, 02 Mei 2013

Gandeng Guru, Perdami Sosialisasikan Kesehatan Mata

UNGARAN, suaramerdeka.com - Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) berencana akan melibatkan masyarakat dan guru untuk mensosialisasikan kesehatan mata.
Rencana tersebut dikemukakan perwakilan Satuan Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perdami Cabang Jawa Tengah, dr Trilaksana Nugroho MKes SpM, di sela-sela melakukan pemeriksaan mata siswa yang dipelopori PT Sidomuncul di SD Diwak, Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (27/4) siang.
Menurutnya dalam sosialisasi ini, guru bisa menjadi mitra. Pasalnya mereka hampir enam jam dalam sehari berhadapan langsung dengan murid untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
"Anak usia sekolah dasar posisinya berada di usia emas, artinya kesehatan indra penglihatannya masih tumbuh, berkembang, dan sangat mungkin diperbaiki bila terjadi kelainan pada matanya. Hal itu yang membuat kami berkeinginan untuk menggandeng guru untuk menekan angka permasalahan dan kelainan mata di masyarakat," katanya kepada suaramerdeka.com.
Pihaknya mengungkapkan, rata-rata ada 10 persen siswa di suatu sekolah yang mengalami kelainan pada mata. Apabila terlanjur, tentunya membutuhkan koreksi dengan menggunakan kacamata agar daya penglihatannya kembali normal.
"Prosentase kelainan mata usia sekolah secara nasional pada 2007 mencapai 12,5 persen. Angka tersebut terus menurun, bahkan menurut data kami 92 siswa dari SD Diwak hanya 5 persen saja yang membutuhkan koreksi kacamata," ungkapnya.
Ditemui terpisah, Kepala Humas PT Sidomuncul, Nanik Rahayuningsih menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah menggelar pemeriksaan mata bagi siswa SD di SD Karangmalang Mijen dan SD Bina Putra Karangayu, Kota Semarang. Pada tahun ini, PT Sidomuncul berkomitmen akan menggelar operasi mata untuk 12.000 mata dan pemeriksaan mata di sejumlah wilayah.
"Setelah Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, kegiatan serupa akan kami lanjutkan ke kota atau wilayah lainnya. Apabila hasil pemeriksaan siswa membutuhkan kacamata, PT Sidomuncul akan membagikannya secara cuma-cuma," jelasnya.
( Ranin Agung / CN38 / JBSM )

sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2013/04/27/154688/Gandeng-Guru-Perdami-Sosialisasikan-Kesehatan-Mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar