Cari

Senin, 17 Juni 2013

Ingat, Semua Orang Pasti Bakal Derita Katarak!

Liputan6.com, Jakarta : Penyakit katarak adalah gangguan mata yang pasti dihadapi setiap orang. Ini merupakan tanda menurunnya fungsi penglihatan sebagaimana fungsi-fungsi lain saat seseorang menjadi tua.

"Setiap orang dijamin pasti akan kena katrak. Hanya mungkin tingkat keburamannya yang berbeda-beda masing-masing orang," ujar Dokter Spesialis Mata Jakarta Eye Center @ Kedoya, Dr. Donny V. Istiantoro, SpM, Senin (17/6/2013).

Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena dengan lensa yang keruh cahaya sulit mencapai retina dan akan menghasilkan bayangan yang kabur pada retina. Seseorang berbeda usia ketika mengalami penyakit ini,

"Untuk usia berbeda-beda, ada yang usia 60 tahun sudah mengalami buram ada juga yang belum, tinggal tunggu waktunya tergantung proses kemuduran fungsi sel," ujar dr. Donny.

Operasi merupakan pengobatan yang mampu mengobati penyakit ini. Jika tindakan operasi tidak diambil maka akan menyebabkan penderita kehilangan fungsi indra penglihatannya (buta).

Menurut dr. Donny angka kasus kebutaan di Indonesia masih terbilang tinggi sekitar 70 persen kebutaan disebabkan oleh penyakit katarak. "Menurut data Kementerian Kesehatan mencapai 70 persen kebutaan akibat katarak," paparnya.

(Mia/Mel/*)

Sumber :
oleh Kusmiyati
Posted: 17/06/2013 15:00
http://health.liputan6.com/read/614693/ingat-semua-orang-pasti-bakal-derita-katarak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar