Cari

Senin, 17 Juni 2013

Katarak, Setiap Orang Bisa Mengalami

"Jadi tidak benar kalau dikatakan katarak tidak menyerang semua orang. Setiap orang dijamin pasti akan kena katrak. Hanya mungkin tingkat keburamannya yang berbeda-beda masing-masing orang," kata dokter spesialis mata Donny V. Istiantoro Sp.M dari Jakarta Eye Centre di Jakarta kemarin (15/6).

Menurut wikipedia, katarak adalah sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total dan menghalangi jalan cahaya.

Masih kata Donny, kapan seseorang menderita katarak berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. "Ada yang umur 60 tahun sudah buram ada juga yang belum, jadi ini ibaratnya tinggal tunggu waktu saja," katanya.

Katarak, lanjutnya, pengobatannya adalah melalui operasi untuk menghancurkan si katarak tersebut. Jika tidak diambil tindakan maka ini akan menyebabkan orang yang menderita katarak kehilangan penglihatan alias buta.

Dia menambahkan berdasarkan data Kementrian kesehatan, angka kasus kebutaan di Indonesia masih tinggi yang 70% disumbang dari kebutaan yang disebabkan katarak.

Sementara data yang dihimpun, di Asia, prevalensi kebutaan Indonesia masih tertinggi, yaitu sekitar 1,5%. Angka ini mengalahkan Bangladesh yang hanya satu persen, India 0,7%, dan Thailand 0.3%. [mor]

Sumber:
Oleh: Santi andriani
gayahidup - Minggu, 16 Juni 2013 | 16:17 WIB
http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2000296/katarak-setiap-orang-bisa-mengalami#.Ub_7ZKxczWI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar