Cari

Kamis, 01 Agustus 2013

Buta Sejak Lahir, Kakek Bisa Melihat Setelah Dioperasi Katarak

Montreal, Kebutaan sejak lahir umumnya dianggap sebagai penyakit yang tak tersembuhkan. Namun dengan operasi katarak sederhana, ternyata seorang pria berumur 68 tahun asal Montreal, Kanada yang terlahir buta akhirnya dapat melihat untuk pertama kalinya.

Pierre-Paul Thomas terlahir dengan penyakit bawaan yang disebut nystagmus, suatu kondisi di mana mata bergerak tanpa terkontrol sehingga mengganggu penglihatan. Akibatnya, penderita akan kehilangan kontrol gerakan matanya sehingga penglihatan tidak dapat fokus.

Gangguan ini dapat terjadi pada masa bayi atau pada orang dewasa setelah terserang stroke, cedera di kepala, atau kekurangan vitamin. Apalagi setelah jatuh saat menuruni tangga di rumah, sebagian tulang di wajah Thomas retak, termasuk tulang di sekitar matanya.

Dia harus dibawa ke unit gawat darurat rumah sakit untuk menjalani beberapa operasi bedah plastik. Hasilnya lumayan bagus, walau masih ada beberapa kerusakan kulit kepala yang tersisa. Usai operasi, dia terperanjat ketika ditawari dokter untuk memperbaiki penglihatannya.

"Nah, sementara kita mengobati bagian ini, apakah Anda ingin kami untuk memperbaiki mata Anda juga?" kata Lucie Lessard, MD, seorang ahli bedah plastik ternama seperti dilansir Montreal Gazette, Selasa (30/7/2013).

Tentu saja Thomas yang selama ini hanya bisa melihat bayangan abu-abu dan hitam amat tertarik. Dengan operasi katarak sederhana yang telah digunakan secara luas sejak awal tahun 1900-an, Thomas bisa melihat dengan jelas untuk pertama kalinya.

Dev Cheema, MD, direktur klinik oftalmologi di Rumah Sakit Montreal General, menjelaskan bahwa katarak masih menjadi penyebab utama kebutaan. Dia menduga bahwa Thomas sebenarnya mungkin masih bisa melihat di usia muda, walau saraf optiknya rusak akibat nystagmus. Tapi yang mengganggu penglihatannya saat ia semakin tua adalah katarak.

"Yang harus kami lakukan adalah menghapus katarak dan Thomas bisa melihat. Rasanya bahagia bisa melakukan sesuatu seperti ini. Selalu ada cerita yang positif untuk dituturkan ketika datang ke optalmologi (dokter mata)," katanya.

Kini Thomas dapat mengagumi warna, bunga-bunga yang bermekaran, dan wajah keluarganya untuk pertama kali. Dalam sebuah video, Thomas mengakui bahwa sebelum operasi, segalanya terlihat abu-abu. Tapi dia sekarang bisa melihat segala sesuatu dengan indah.

Thomas memang belum dapat melihat secara sempurna seperti orang normal pada umumnya, karena saat ini belum ada pengobatan untuk nystagmus atau saraf optiknya yang rusak. Tapi dia cukup senang dengan hasil operasi yang diperolehnya saat ini.

"Saya senang. Saya adalah seorang pria yang bahagia. Saya ucapkan terima kasih kepada Montreal General. Mereka telah mengembalikan hidup saya," kata Thomas.


(pah/vit)
Sumber: http://health.detik.com/read/2013/07/30/180148/2319392/763/buta-sejak-lahir-kakek-bisa-melihat-setelah-dioperasi-katarak?880004755


Tidak ada komentar:

Posting Komentar