Cari

Rabu, 28 Agustus 2013

Operasi Lasik Aman Hilangkan Gangguan Mata

Operasi Lasik Aman Hilangkan Gangguan Mata

Senin, 26 Agustus 2013
JAKARTA (Suara Karya): Operasi lasik yang dapat menghilangkan mata minus, plus dan silinder, tidak menyebakan katarak. Namun, katarak memang sering muncul lebih awal pada seseorang yang memiliki mata minus yang tinggi.
"Lasik dan katarak itu dua hal yang berbeda. Tetapi memang katarak muncul lebih awal pada orang yang minus tinggi. Dan, mereka yang melakukan operasi lasik itu biasanya yang matanya minus tinggi," kata dr Anneta Mariza, SpM dari Klinik Mata Nusantara (KMN) usai melakukan i-lasik terhadap artis Sigi Wimala, di Jakarta, akhir pekan lalu.
Hal itu terkait dengan rumor yang beredar bahwa operasi lasik dapat menimbulkan katarak. Sehingga orang yang menderita minus tinggi enggan melakukan lasik. Padahal, lasik merupakan operasi yang paling aman dan cepat untuk menghilangkan gangguan mata minus, mata plus dan mata silinder.
Dr Arnetta menjelaskan, katarak adalah penyakit yang membuat mata terasa berkabut sehingga mengganggu penghilangan. Penyakit tersebut umumnya terjadi pada setiap orang yang memasuki usia tua, tanpa terkecuali. Apalagi mereka yang tinggal di daerah tropis, yang kaya matahari.
"Setiap orang akan terkena katarak sebagai bagian dari proses penuaan. Namun, pada sebagian orang katarak bisa muncul pada orang usia yang lebih muda atau awal usia 40 tahun. Dan kebanyakan mereka yang mengalami mata minus tinggi. Jadi tidak perlu takut operasi lasik," tuturnya.
Karena itu, dr Arnetta menegaskan, seseorang operasi lasik atau tidak jika usianya menjelang lanjut akan terkena katarak. (Tri Wahyuni)

 
 
sumber: http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=333133




Tidak ada komentar:

Posting Komentar