Cari

Sabtu, 31 Agustus 2013

Penderita Katarak Di Sanggau Capai 1,2 Persen

Penderita Katarak Di Sanggau Capai 1,2 Persen

SANGGAU--Data penderita penyakit katarak di Kabupaten Sanggau terbilang cukup tinggi yakni 1,2 persen dari jumlah penduduk 4-5 ratus ribu jiwa. Demikian disampaikan Wakil Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat ditemui Selasa (20/8) pagi kemarin di RSUD Sanggau.
Paolus mengatakan, jika sampai tahun 2018 rutin dilaksanakan operasi katarak seperti ini, mungkin akan nampak angka penurunannya. Menurutnya, faktor kebiasaan dari masyarakat yang juga dari membakar lahan dan terkena asap dan polusi menjadi salah satu faktor penyebabnya selain faktor-faktor lainnya.

"Kalau setiap tahun bisa dilaksanakan pasti akan mengurangi angka yang tinggi ini. Operasi katarak ini sangat baik dan kita harapkan kegiatan ini memberi dampak yang sangat signifikan," ujarnya.

Ia juga mengharapkan agar ke depannya pelaksanaan operasi katarak tersebut dapat dilaksanakan dua kali dalam setahun. Upaya menggandeng pihak ketiga melalui program CSR menjadi salah satu solusi untuk saat ini. Namun, kedepannya pelayanan serupa bisa dilakukan oleh pemerintah setempat dengan dukungan anggaran dan tenaga medis yang memadai.

"Upaya pemkab melalui program spesialisasi ini ada semacam ikatan dinas. Ada yang dibiayai ikatan dinas dari pemda dan kesehatan. Kita sudah sekolahkan dan menunggu mereka selesai dan kembali ke Sanggau," katanya.   Ia juga berharap untuk dokter spesialis mata dan lainnya yang disekolahkan dapat mengabdikan diri di daerahnya sendiri agar kebutuhan layanan katarak bisa lebih maksimal. (sgg)

Sumber: http://www.pontianakpost.com/pro-kalbar/sanggau/7250-penderita-katarak-capai-1-2-persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar