Cari

Rabu, 30 Oktober 2013

6 Langkah Agar Mata Tetap Sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Jangan biarkan kesehatan mata terganggu. Lindungi penglihatan mata Anda dengan 6 langkah berikut ini seperti dilansir situs webmd.com:

1. Makanlah Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata
Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi seperti omega-3 asam lemak, lutein, seng, dan vitamin C dan E dapat membantu mencegah masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti katarak. Makan makanan  seperti bayam, kangkung, sawi, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan sumber protein non-daging lainnya dapat menjaga kesehatan mata Anda.

2.  Berhenti Merokok
Merokok membuat Anda lebih terkena katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Degenerasi makula adalah suatu kondisi medis yang biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua yang mengakibatkan hilangnya penglihatan di tengah lapangan visual (makula) karena kerusakan retina.

3. Gunakan Kacamata Hitam
Kacamata hitam akan membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV). Terlalu banyak paparan sinar UV membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan katarak dan degenerasi makula. Pilih kacamata yang menghalangi 99%  sampai 100% dari sinar UVA dan UVB.

4. Gunakan  di Rumah, di Tempat Kerja, dan Saat Berolahraga
Jika Anda bekerja dengan bahan berbahaya atau berhadapan dengan udara langsung di tempat kerja atau di rumah, gunakan kacamata keselamatan atau kacamata pelindung.

5. Jangan Terlalu Dekat Menatap  Layar Komputer
Menatap layar komputer terlalu dekat dapat menyebabkan kelelahan mata, pandangan kabur, kesulitan fokus pada jarak, mata kering, sakit kepala, leher, punggung, dan bahkan nyeri bahu.

6. Kunjungi Dokter Mata Secara Teratur
Semua orang, bahkan anak-anak, harus memeriksakan mata mereka secara teratur. Ini membantu melindungi penglihatan Anda agar dapat melihat dengan baik.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/10/11/muhtja-6-langkah-agar-mata-tetap-sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar