Cari

Sabtu, 12 Oktober 2013

Katarak Bisa Makin Cepat Timbul Kalau Punya Diabetes

Liputan6.com, Jakarta : Diabetes merupakan penyakit tidak menular (PTM) yang paling menakutkan di Indonesia saat ini. Bila diabetes sampai menyerang diri seseorang, dapat memicu terjadinya katarak jauh lebih cepat dari usia yang semestinya. Saat ini, Katarak masuk ke dalam 4 penyebab terjadinya kebutaan di Indonesia.
Di Indonesia, penderita diabetes militus nomor 4 terbanyak di dunia. Diabetes ini diderita, karena masyarakat Indonesia masih menjadi pengonsumsi karbohidrat terbanyak.
"Maka itu, makan nasinya jangan banyak-banyak. Perbanyak makan sayur dan buah, jangan nasinya yang diperbanyak. Saya bukan melarang, ya. Tapi, kalau bisa seimbang," kata Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek.
Hal ini dipaparkan Nila Moeloek dalam acara bertema 'SOHO #BetterU: Lima Penyakit Mata Tersering di Masyarakat Indonesia & Hari Penglihatan Sedunia', di Hotel Amaris Thamrin City, Jakarta, ditulis Kamis (10/10/2013)
Menurut Nila, katarak yang sering terjadi pada masyarakat awam terjadi karena faktor usia. Semakin tua usia seseorang, semakin parah juga kondisi matanya.
Pada masyarakat awam, katarak akan terjadi pada usia 72 tahun. Tapi, bila ada orang yang mengidap diabetes, akan memicu cepat terjadinya katarak ini.
"Kalau pengidap diabetes, bisa lebih cepat 10 tahun dari usia normalnya. Bila biasanya 72 tahun, pengidap diabetes bisa di usia 60 tahun terkena kataraknya," tutup Nila.
(Adt/Igw)

Sumber: http://health.liputan6.com/read/716289/katarak-bisa-makin-cepat-timbul-kalau-punya-diabetes?wp.hlth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar