Cari

Rabu, 02 Oktober 2013

Sosialisasikan B2SA di 16 Kecamatan

SENDAWAR – Pembinaan terhadap masyarakat tak henti-hentinya dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kutai Barat. Salah satunya, melakukan sosialisasi dan penyuluhan makanan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) di Sport Hall Linggang Bigung,  Selasa (24/9) kemarin.
Kegiatan itu diikuti 253 peserta. Terdiri  dari petinggi, Ketua Badan Permusyawaratan Kampung (BPK), Kepala Adat, Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan, kampung, dan kader Posyandu se-Kecamatan Linggang Bigung.
Pada kesempatan itu juga dilakukan demo masak oleh Kelompok Kerja (Pokja) II TP PKK Kecamatan Linggang Bigung dengan menu sayur bening, ikan pepes, dan tahu telor. Dilanjutkan penyuluhan oleh Petugas Gizi Kecamatan Linggang Bigung Stephanus Liah yang menguraikan tentang kandungan protein, gizi, dan manfaat makanan yang didemokan terhadap kesehatan.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lucia Mayo Thomas mengatakan, sosialisasi B2SA di 16 kecamatan merupakan pesan khusus Ketua Dewan Pembina/Penyantun TP PKK Kubar yakni Bupati Kubar Ismail Thomas.
“Bupati berharap, kegiatan sosialisasi B2SA dilakukan di seluruh lapisan masyarakat. Agar warga mengetahui dan memahami bahwa gizi diperlukan dan sangat penting untuk bayi sejak dalam kandungan. Tak hanya setelah bayi lahir tetapi sejak dalam kandungan betul-betul harus diperhatikan, karena di dalam kandungan terjadi pembentukan otak,” kata Lucia.
Oleh sebab itu, Pemkab Kubar memberikan perhatian khusus kepada bidang kesehatan terlebih kepada ibu-ibu hamil untuk diberikan gizi yang cukup.
“Kegiatan sosialisasi B2SA ini bertujuan memperbaiki gizi masyarakat, mulai dari janin dalam kandungan, ibu menyusui, sampai gizi  anak-anak dan balita,” tambahnya.
Lucia berharap, dukungan dan bimbingan dari Dinas Kesehatan (Diskes), bisa membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kubar. Sedangkan untuk memberikan penjelasan secara detail tentang makanan bergizi, beragam dan berimbang merupakan tugas para ahli gizi. Mengingat para ahli gizi yang disekolahkan Pemkab Kubar sudah kembali dan bertugas di Puskesmas. Selanjutnya mereka diharapkan betul-betul dapat membantu dan gencar melakukan penyuluhan gizi kepada masyarakat.
“Makanya secara langsung Bupati Kubar meminta PKK Kabupaten melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan B2SA sekaligus demo masak yang dilaksanakan di 16 kecamatan dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat,” tambah Lucia. (hms10/san/k8)
sumber :http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/32042/sosialisasikan-b2sa-di-16-kecamatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar