Cari

Rabu, 20 November 2013

15 Warga Bumiharjo Positif Katarak

DEMAK, suaramerdeka.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Demak menyatakan 15 orang warga Dukuh Bomo Desa Bumiharjo Kecamatan Guntur menderita katarak sehingga mengalami rabun penglihatan. Selanjutnya, mereka akan menjalani pemeriksaan lanjutan di rumah sakit setempat untuk diambil tindakan operasi atau non operasi.
‘’Sudah dilakukan surveilans epidemiologi dari pihak puskesmas dan hasilnya 15 warga Dukuh Bomo ini positif katarak. Penyakit ini tidak menular dan tidak menyebabkan kematian,’’ ujar Kepala Dinkes Demak dr Iko Umiati melalui Humas Sukarjo, Jumat (15/11).
Dari laporan petugas kesehatan, belasan warga tersebut mengalami rabun sepulang dari sawah. Setelah dilakukan surveilans epidemiologi diketahui kondisi lensa mata mereka keruh akibat mengalami katarak. Penyakit ini merupakan sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun    
‘’Kami sudah mengintruksikan petugas puskesmas setempat untuk merujuk mereka ke rumah sakit yang memiliki dokter spesialis mata. Biaya pengobatan akan difasilitasi melalui Jamkesmas atau yang tidak punya bisa melalui Jamkesda,’’ imbuhnya.
Sementara itu, Siti Aminah (45), salah seorang perangkat Desa Bumiharjo mengatakan, gejala rabun penglihatan tersebut sudah dialami belasan warga sejak tiga bulan lalu. Gejala tersebut dirasakan warga secara berangsur-angsur selepas pulang daari sawah.
( Hartatik / CN38 / SMNetwork )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar