Cari

Kamis, 28 November 2013

Buta Akibat Katarak, Indonesia Terbanyak se-Asia Tenggara

 Liputan6.com, Indonesia hingga kini masih merupakan negara dengan jumlah penderita buta katarak tertinggi di Asia Tenggara yaitu mencapai 2 juta orang.
Angka ini setiap tahunnya bertambah 240 ribu orang terancam mengalami kebutaan. "Di Indonesia, penderita katarak banyak menimpa masyarakat Indonesia karena bekerja di bawah terik matahari, seperti nelayan dan petani," tutur dokter spesialis mata RS Puri Cinere Rita Polana di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Selain itu, faktor biaya menyebabkan masyarakat tidak melakukan tindakan operasi. Atas dasar ini RS Puri Cinere, Jakarta Selatan melaksanakan aksi sosial berupa layanan gratis operasi katarak bagi 53 pasien dengan 61 mata. Aksi sosial ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun ke-22 RS Puri Cinere pada 15 mendatang.

Operasi dilakukan dengan menggunakan teknik Fako Emulis, teknik operasi berteknologi tinggi yang dilakukan dengan bius lokal dan luka minimal.

Operasi ini biasanya hanya memakan waktu 15-20 menit. Lensa mata yang keruh diangkat dan digantikan dengan lensa buatan yang ditanam secara permanen. Teknik ini mengurangi terjadinya komplikasi.

"Kami memberikan garansi hingga satu minggu ke depan, karena setelah operasi akan dilakukan pemeriksaan, semua itu diberikan secara cuma-cuma" tambah Rita.
(Jef/Abd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar