Cari

Senin, 06 Januari 2014

Antioksidan Perkecil Risiko Katarak pada Wanita

ANTIOKSIDAN sejak dulu diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, asupan ini bisa melindungi tubuh terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Namun, manfaat mengonsumsi antioksidan lebih dari sekadar melindungi tubuh dari radikal bebas. Apa pasal?

Menurut sebuah studi di Swedia, wanita yang mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat memiliki risiko lebih rendah terkena katarak. Ini merupakan penyakit gangguan penglihatan mata yang terkadang berhubungan dengan pertambahan usia.

“Kerusakan oksidatif dari lensa mata yang disebabkan oleh radikal bebas diyakini menjadi penyebab pengembangan katarak,”ujar pemimpin penelitian, Susanne Rautianen dari  the Institute of Environmental Medicine di the Karolinska Institute, dikutip Newsmaxhealth.

Pada penelitian ini, Rautianen bersama timnya mengamati pola diet dari 30 ribu wanita paruh baya dan tua. Kemudian, tim peneliti menemukan bahwa total asupan antioksidan tertinggi memiliki sekira 13 persen lebih rendah terkena katarak.

“Penelitian sebelumnya telah difokuskan pada antioksidan individu yang diperoleh dari makanan atau suplemen, dan peserta melaporkan hasil yang tidak konsisten,”tuturnya.

Sementara, untuk memeroleh makanan-makanan yang mengandung antioksidan Anda bisa memilih buah-buahan atau sayuran. Misalnya, tomat, stroberi, brokoli, sawi, jeruk, melon dan mangga. (ind)

SUMBER : 
http://health.okezone.com/read/2014/01/02/486/920780/antioksidan-perkecil-risiko-katarak-pada-wanita 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar