Cari

Minggu, 12 Januari 2014

Diet Antioksidan Bisa Kurangi Risiko Katarak

UNTUK menjalani hidup yang lebih sehat, terutama ketika memasuki usia dewasa tua, diperlukan diet sehat dan seimbang. Karenanya, Anda harus memenuhi kebutuhan antioksidan dalam tubuh. Apa pasal?

Para peneliti menganjurkan untuk menerapkan diet kaya antioksidan, terutama bagi kalangan dewasa tua. Menurut sebuah studi di Swedia, wanita dengan konsentrasi yang lebih tinggi antioksidan dalam diet mereka, memiliki risiko lebih rendah terkena katarak seiring bertambahnya usia.

Lebih lanjut, penelitian yang dipublikasikan oleh JAMA Ophthalmology Journal meneliti hubungan antara diet antioksidan dengan katarak pada 30.607 wanita berusia 49-83 tahun. Diet antioksidan ini termasuk sayur-sayuran, biji-bijian, dan kopi.

“Sebanyak 4.309 kasus katarak yang berhubungan dengan usia ditemukan rata-rata lebih dari 7,7 tahun masa tindak lanjut, dengan risiko 13 persen lebih rendah untuk pasien dengan antioksidan tertinggi,” jelas peneliti, dikutip Opticianonline.

Sementara itu, para peneliti di Karolinska Institute, Swedia, menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menanggapi hasil penelitian tersebut. Tujuannya untuk meneliti semua antioksidan dalam makanan yang diperlukan untuk mengonfirmasi atau membantah temuan.

Untuk diketahui, katarak adalah penyakit yang disebabkan karena lensa mata keruh, sehingga masuknya cahaya pada retina menjadi terhalang. Umumnya, katarak bisa disebabkan karena proses penuaan, tetapi paparan sinar ultraviolet, penggunaan obat-obatan, seperti steroid dan diabetes juga meningkatkan faktor risiko katarak.
http://health.okezone.com/read/2014/01/10/486/924420/diet-antioksidan-bisa-kurangi-risiko-katarak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar