Cari

Senin, 19 Mei 2014

Ingin Tampil Menarik, Wanita Rentan Terkena Masalah Mata

KOMPAS.com - Dorongan tampil menarik bisa muncul dalam diri pria maupun wanita. Namun pada wanita dorongan ini bisa membawa dampak buruk, salah satunya pada mata. Pasalnya, wanita punya lebih banyak pilihan cara untuk tampil menarik mengandalkan matanya.

Sumber masalahnya terletak pada gaya hidup wanita terkait dengan penggunaan produk riasan mata, lensa kontak, kacamata hitam dengan beragam model dan gaya termasuk bingkai kacamata rancangan desainer ternama.

Lee Sao Bing, Direktur Medis Shinagawa LASIK & Eye Centre dari Singapura, mengatakan bahwa tahap-tahap kehidupan seorang wanita bisa berdampak pada penglihatan karena gaya hidup dan perubahan hormon.

Selain gaya hidup dan perubahan hormon, rentang hidup wanita yang lebih lama daripada pria juga menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit mata terkait usia, termasuk katarak, glaukoma dan sindrom mata kering.

Dari berbagai faktor tersebut, menurut Lee, wanita lebih rentan terhadap masalah mata sebagai akibat dari beberapa produk terkait gaya hidup.

“Secara umum wanita lebih rentan terserang alergi pada mata, iritasi dan infeksi seperti konjungtivitis (mata merah) karena penggunaan kosmetik. Infeksi dapat terjadi ketika riasan mata masuk ke mata dan mengapung di saluran air mata," katanya melalui siaran pers.

Untuk mencegah berbagai masalah mata ini, berikut kiat merawat mata khusus untuk wanita:

* Jangan mengabaikan pentingnya menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan, dan selalu pilih lensa kacamata yang dapat menangkal sinar UVA dan UVB. Paparan sinar matahari dan sinar UV yang berkepanjangan juga dapat meningkatkan risiko terserang katarak dan penyakit mata lainnya.

* Hapus riasan wajah dan cuci wajah sebelum tidur malam, karena banyak unsur dari riasan mata yang dapat menyebabkan iritasi jika digunakan terlalu lama. Kebiasaan ini juga dapat memelihara kesehatan kulit di sekitar mata.

* Ikuti petunjuk penggunaan lensa kontak. Penyalahgunaan dalam memakai dan membersihkan lensa kontak dapat menyebabkan berbagai infeksi mata, bahkan kebutaan. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak dan gunakan cairan pembersih yang dianjurkan.

* Pengguna lensa kontak sangat dianjurkan untuk memasang lensa kontak terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan riasan. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi akibat masuknya residu ke dalam mata.


Editor :
Wardah Fajri
 
http://female.kompas.com/read/2014/04/24/1736370/Ingin.Tampil.Menarik.Wanita.Rentan.Terkena.Masalah.Mata.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kfmwp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar