Cari

Jumat, 23 Mei 2014

Operasi Katarak Kini Bisa Dilakukan Hanya 15 menit

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Katarak merupakan penyebab nomor wahid kejadian kebutaan di Indonesia. Sekitar 52 persen dari seluruh angka kebutaan di negeri ini disebabkan karena katarak. Padahal, sebenarnya laju katarak bisa dikendalikan.
Menurut Wakil Direktur Pemasaran dan Pengembangan Klinik Mata Sehati, dr Gideon Hartono, kemajuan teknologi kesehatan masa kini memungkinkan penanganan terhadap berbagai masalah kesehatan mata secara mudah dan cepat, termasuk pada katarak.
Menggunakan teknologi terbaru, kata dia, operasi katarak dapat dilakukan dalam waktu sekitar 15 menit, dengan sayatan yang hanya selebar tiga milimeter. "Semakin dini diketahui, penanganannya akan semakin mudah," kata Gideon di sela acara grand opening Klinik Mata Sehati, Jl Yos Sudarso, Yogyakarta, Senin (14/4/2014).
Dalam acara tersebut hadir Wali kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Ketua Jogja Eye Health Tri Kirana Muslidatun. Hadir pula para jajaran pimpinan Klinik Mata Sehati, yaitu dr Marlyna Afifudin SpM (direktur), dr Purjanto Tepo Utomo SpM (wakil direktur medis dan pelayanan), dr Kurnia Rosyida SpM (wakil direktur SDM), dan dr Sagung Gede Indrawati SpM (Wakil direktur umum dan keuangan).
Sebagai perwujudan tekad Gideon dan kawan-kawan untuk memerangi kebutaan akibat katarak, mereka menggelar program operasi katarak gratis bagi warga miskin.
Setiap kali Klinik Mata Sehati mengadakan 10 operasi berbayar, maka akan diselenggarakan satu operasi katarak gratis. Pada operasi gratis tersebut, kata dia, pihaknya akan tetap menggunakan kntraocular lens prima. Intraocular lens adalah lensa mata sintesis yang menggantikan lensa mata asli yang keruh dan diambil pada operasi katarak.
Tidak cukup sampai situ, pihaknya juga menyediakan satu hari khusus bagi pasien dari kalangan lanjut usia untuk mendapatkan diskon. "Setiap Selasa pukul 13.00 sampai 16.00 pasien lansia mendapatkan diskon 20 persen," kata Gideon.
Ada pula pemberian 1000 kacamata gratis bagi para pelajar, serta pemeriksaan kesehatan mata gratis. Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengapresiasi kegiatan-kegiatan Klinik Mata Sehati, yang ia sebut merupakan perwujudan nyata dari komitmen memerangi penyakit mata di Indonesia. "Saya harap berbagai jenis bantuan dari rekan-rekan di Klinik Mata Sehati manfaatnya bisa benar-benar terasa bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya," kata Haryadi. (*)
 sumber:
http://jogja.tribunnews.com/2014/04/14/operasi-katarak-kini-bisa-dilakukan-hanya-15-menit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar