Cari

Senin, 27 Oktober 2014

Terlalu sering menggunakan Tetes mata

Mata adalah organ penglihatan manusia yang rentan rusak, namun keberadaannya sangat vital. Merawat mata secara benar akan membuat organ penglihatan tersebut lebih sehat, dan terhindar dari gangguan berbagai penyakit. Sayangnya, tak semua orang paham cara membuat mata tetap terjaga kesehatannya.
Beberapa hal yang dianggap wajar sering dilakukan, padahal dapat membuat kondisi mata jadi rentan mengalami gangguan. Ini seperti dibahas oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Jatim, tepat pada World Sight Day 9 Oktober lalu.
Penyakit mata yang sering dialami oleh masyarakat adalah katarak, miopia, serta diabetes mata, demikian berdasarkan catatan dari Poli Mata RSUD dr Soetomo. Dr Delfitri Lutfi SpM juga mendukung data tersebut dengan menyatakan, “Paling tinggi itu katarak. Dari tahun ke tahun selalu nomor 1.”
Penyebab dari penyakit mata katarak ini antara lain adalah usia senja, biasanya terjadi di 50 tahun ke atas. Selain itu juga efek sinar ultraviolet yang mengenai mata secara langsung. Kebiasaan memakai tetes mata terlalu sering juga dapat memicu katarak, tambah dokter Delfitri.
Orang sering memakai tetes mata saat mata mengalami kering, merah, atau iritasi ringan. Seharusnya hal tersebut tak dilakukan sebab obat tetes mata harus diberikan dengan resep dokter. Alasannya, dalam obat tetes mata ada kandungan steroid yang jika berikan berlebihan akan memicu resiko kebutaan.
Dilansir oleh JPNN, alasan steroid sebaiknya tak dipakai berlebihan juga karena ada kandungan gula yang ada dalam steroid pada obat tetes mata. Ini akan mengganggu produksi cairan mata. Padahal cairan mata sangat penting bagi kesehatan mata.
Akibatnya lensa mata bisa keruh dan menimbulkan lapisan katarak. Proses ini memang berlangsung lama dan butuh waktu. Namun mencegah memang lebih baik dari pada mengobati.
sumber
http://sidomi.com/333465/pakai-tetes-mata-terlalu-sering-bikin-katarak/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar