Cari

Kamis, 29 Januari 2015

Berbagai Penyebab Rusaknya Kornea Mata

Berbagai Penyebab Rusaknya Kornea Mata




JakartaCNN Indonesia -- Rusaknya kornea pada mata bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa berasal dari dalam mata itu sendiri atau bisa juga karena ancaman dari luar.

Dokter ahli opthalmologi, Tjahjono D. Gondhowiardjo, mengatakan beberapa faktor dari dalam yang bisa menyebabkan kornea rusak adalah infeksi, kelainan degenerasi, bertambahnya umur, kelainan bawaan, jaringan yang menipis dengan sendirinya, autoimun, bahkan bekas operasi katarak.
Selain itu, kerusakan kornea dari dalam juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. "Kerusakan kornea merupakan penyakit sistemik, dia makan obat-obatan tertentu yang mengendap di lapisan kornea. Jadi mengubah warnanya dan sebagainya. Itu juga bisa terjadi," kata Tjahjono kepada CNN Indonesia, saat ditemui di sebuah rumah sakit di kawasan Kedoya, Jakarta, Kamis (8/1).

Sementara itu, kerusakan kornea yang bisa disebabkan dari ancaman dari luar juga beragam. Kerusakan kornea bisa disebabkan oleh bakteri, virus, benda tajam, benda tumpul, jamur, maupun kecelakaan.

Kerusakan pada kornea akan menyebabkan penglihatan seseorang menjadi tidak jernih lagi. Bahkan risiko yang paling fatal bisa menyebabkan kebutaan. Jika kornea sudah rusak, tidak akan bisa dipulihkan lagi. Akibatnya, penglihatan pun akan terganggu seumur hidup. Hal ini hanya dapat diatasi dengan melakukan operasi transplantasi kornea.

"Kornea sebetulnya seperti kaca bening tapi sifatnya paling vital. Begitu kaca itu rusak tergores saja tidak bisa diganti kembali. Harus di cangkok," ujar Tjahjono.



(mer/mer)

sumber: 
http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150108201919-255-23371/berbagai-penyebab-rusaknya-kornea-mata/



























Operasi katarak murah
harga paket Rp.3.750.000,-


hubungi daftar segera:

Philips 
0855 789 10 25

Ravael
0813 190 42 960

Tidak ada komentar:

Posting Komentar