Cari

Senin, 16 Februari 2015

Hindari Sinar Ultraviolet bisa Cegah Katarak

Hindari Sinar Ultraviolet bisa Cegah Katarak


SLEMAN (KRjogja.com) - Selama ini, usia adalah penyebab utama orang terkena katarak. Meski demikian, tak jarang usia produktif juga dapat terkena katarak. Menurut Prof Dr Suhardjo SU SpM (K) dari Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) DIY, katarak adalah kebutaan yang disebabkan lensa mata keruh karena usia.

"Biasanya, usia 65 sangat riskan terkena katarak. Penyebabnya antara lain karena usia, sinar ultraviolet, diabetes, hipertensi atau kurang asupan vitamin dan protein. Pencegahannya ya sebisa mungkin menghindari sinar ultraviolet," ujar Prof Suhardjo disela kegiatan Operasi Katarak Gratis di RS Puri Husada, Ngaglik, Sleman, Minggu (14/12/2014).
Jika petani, lanjut Prof Suhardjo, disarankan untuk memakai topi caping. Sedangkan mereka yang sering bekerja di lapangan dianjurkan untuk selalu memakai kaca mata hitam atau kaca mata yang menyerap ultraviolet.

Operasi katarak Gratis yang diselenggarakan oleh Sumbangsih Sosial Djarum Foundation (SSDF) bekerjasama dengan Perdami DIY dan RS Puri Husada ini adalah putaran ke-34 rangkaian Operasi Katarak Gratis dari SSDF sejak 2011 di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Perwakilan Djarum Foundation Kudus, Petrus Eko Singgih Prajogo berharap, operasi ini bisa membantu meringankan beban penderita katarak. "Tentu efek dari program ini bisa langsung dirasakan oleh masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan. Jika sudah sembuh, mereka bisa kembali beraktifitas, bekerja dan produktif lagi. Selain itu, melalui program ini sekaligus membantu pemerintah dan Perdami dalam menurunkan jumlah penderita kebutaan akbibat katarak," jelasnya.

Direktur RS Puri Husada dr JB Soebroto menyambut baik kegiatan yang diadakan di rumah sakitnya ini. Namun, sebelum pelaksanaan operasi katarak, pihaknya mencanangkan kebangkitan senam massal sebagai salah satu media silaturahmi kebersamaan dan sharing pembangunan forum Sleman sehat. Tak hanya itu saja, secara resmi RS Puri Husada juga membuka layanan cuci darah serta menyambut program BPJS-KIS. (M-4)   
Sumber :
http://krjogja.com/read/240775/hindari-sinar-ultraviolet-bisa-cegah-katarak.kr
















Operasi katarak paket Rp. 3.750.000,-



DAFTAR SEGERA!!!

Daftar via SMS ke No.Tlp. 

Philips
0855 789 10 25 
 
Ravael
0813 190 42 960

Tidak ada komentar:

Posting Komentar