Cari

Jumat, 06 Februari 2015

Katarak Penyakit Dominan di PasamanPDFCetakSurel

PASAMAN, HALUAN- Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksi­kaping, Kabupaten Pasaman melapor­kan penyakit katarak paling dominan sepanjang 2014, yaitu 56 kasus.

Di bawah katarak itu, diisi oleh posisi kedua penyakit kelainan refraksi, yaitu sebanyak 48 kasus. Kabid Pelayanan Medis RSUD Lubuk­sikaping Arnida menyebutkan, kasus katarak sebanyak 36 orang diderita oleh perempuan dan 20 kasus lagi adalah pasien laki-laki. Semua jenis rabun mata pada intinya merupakan gangguan memfokuskan bayangan benda yang dilihat atau kelainan refraksi (Ametropia).

Arnida melanjutkan, untuk penyakit diurut ketiga, ada penyakit epilepsi atau penyakit ayan sebanyak 44 kasus. Penyakit ayan ini hampir merata dialami oleh laki-laki dan perempuan. “Catatan kami menunjukan bahwa laki-laki ada 24 orang yang menderita ayan ini, sedangkan perempuan sebanyak 20 orang,” ujar Arnida.

Selanjutnya, Dyspepsia sebanyak 23 kasus. Penyakit dengan gejala nyeri di perut bagian atas itu, disebabkan karena mengabaikan proses pencer­naan, misalnya makan tergesa-gesa, makan terlalu banyak, dan kunyah makanan tidak halus, bisa gagalnya fungsi saluran pencernaan. Meski kedengarannya enteng, dyspepsia adalah penyakit kronis yang biasanya berlangsung bertahun-tahun, bahkan bisa seumur hidup.

Namun, kunjungan terbanyak pasien ke RSUD, tukuk kabid pelaya­nan medis itu, ada pada penyakit Diabetes Militus (DM). Pasien yang tercatat hanya 2 orang namun kunjungan mencapai 82 kali. (h/col)

sumber: 

http://www.harianhaluan.com/index.php/berita/sumbar/36826-katarak-penyakit-dominan-di-pasaman-






Paket Operasi Katarak Murah

untuk informasi dan penjadwalan dapat menghubungi

Philips
0855 789 10 25

Ravael 
0813 190 42 960

Tidak ada komentar:

Posting Komentar