Cari

Senin, 06 April 2015

Peringati 200 Tahun Erupsi, Tambora Kejar 2 Juta Turis

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar acara Tambora Menyapa Dunia” guna memeringati 200 tahun erupsi Tambora. Puncak acara akan digelar 10-11 April 2015. 
Terdapat empat kelompok kegiatan yang dirangkai untuk menarik 2 juta wisatawan baik domestik dan mancanegara. Selain itu, pemerintah NTB memprediksi 15 ribu turis datang saat puncak acara di Dompu.
"Kegiatan road map Tambora Menyapa Dunia tidak hanya fokus di Dompu, namun juga menyebar di beberapa Kabupaten NTB," ujar Moh Faozal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, dilansir Indonesia Travel.  
Kelompok kegiatan pertama yang dilakukan adalah bakti sosial berupa penyelenggaraan operasi katarak dan bibir sumbing, pengembangan ekonomi kreatif, penghijauan hutan kawasan Tambora, pameran produk unggulan seperti kopi tambora, pasar rakyat, serta pesta kuliner yang puncak acaranya di Desa Dorocanga, desa yang menjadi titik awal jalur pendakian ke Gunung Tambora.
Sementara, kegiatan kedua berbasis seni dan budaya dibantu oleh sanggar Lingkar Tambora dan sekaligus memperkenalkannya, termasuk menyajikan musik country konvensional dan modern, hingga upacara selamatan laut di kawasan Samota (Satonda, Moyo, Tambora). 
Kelompok kegiatan ketiga yaitu seminar dan pengembangan ilmu pengetahuan berupa seminar pariwisata untuk menciptakan citra Tambora pada 20 Maret 2015, seminar arkeologi di Bima 9 April 2015, peluncuran buku La Hami, pameran arkeologi dan museum 7-9 April 2015, seminar arsitektur landscape tentang vulkanologi 9-12 Agustus 2015 dan pameran foto yang sengaja dijadwalkan setelah puncak peringatan agar dapat melibatkan para fotografer yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.
Sedangkan kelompok kegiatan keempat berupa sport adventure untuk minat khusus, yaitu Tambora Bike dengan rute Tambora-Dompu pada 8-11 April 2015, Mount Tambora Ultra Trail Run dan Tambora Challenge 7-11 April 2015, Lari 10 Kilo Meter di Dompu 5 April 2015, Sepeda Gunung Nusantara 10 April 2015, Pacuan Kuda di Bima menggunakan joki cilik, serta atraksi menangkap sapi menggunakan  laso atau tali.
Kegiatan lainnya adalah Trabas Tambora oleh Ikatan Motor Indonesia pada 4-5 April 2015, Ekspedisi Selebriti Mendaki Tambora 1 Juni 2015, Tambora Savana Run 31 Mei 2015 dan Lakey Kite Surf Exhibition Camp di pantai Lakey Kecamatan Huu Dompu 21 - 23 Agustus 2015.
Untuk puncak acara, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB juga mengantisipasi ketersediaan kamar penginapan yang terbatas. Pemprov mendatangkan hotel terapung yang memiliki 150 kamar, tenda polisi dan tentara, juga base camp perusahaan kayu yang ada di Calabahi, kaki Gunung Tambora.
Letusan Tambora merupakan yang terdahsyat dalam ingatan manusia. Disebut sebagai kiamat kecil, di 1815, letusan Tambora menewaskan setidaknya 92 ribu jiwa. Tambora setidaknya telah memuntahkan abu dan batuan piroklastik sebanyak seratus kilometer kubik, jauh lebih hebat dari Krakatau yang "hanya" muntah sejauh 20 kilometer kubik.
http://life.viva.co.id/news/read/599785-peringati-200-tahun-erupsi--tambora-kejar-2-juta-turis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar