Cari

Selasa, 26 Mei 2015

Puskesmas se-Bateng Buka Pendaftaran Pasien Katarak

KOBA, BANGKA POS - Pemkab Bangka Tengah (Bateng), RSUD Bateng, dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) akan menggelar operasi katarak sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di RSUD Bateng.
"Jika tidak ada halangan akan kita laksanakan pada bulan Juni mendatang," kata dr Dede Lina Lindayanti, Direktur Utama RSUD Bateng, Jumat (8/5).
Kegiatan tersebut merupakan salah satu komitmen untuk melayani masyarakat penderita katarak di Kabupaten Bateng. Pendaftaran calon pasien telah dibuka sejak beberapa hari lalu di puskesmas-puskesmas di Bateng.
Dede menambahkan, pendataan yang dilakukan di puskesmasuntuk mengetahui dan memeriksa kondisi mata yang terkena katarak. Dokter ahli mata di masing-masing puskesmas akan memeriksa kondisi mata pasien atau screening terlebih dahulu.
"Nanti kami yang akan mengklasifikasikan karena tidak semua pasien katarak harus dioperasi," ujar Dede.
Bupati Bateng Erzaldi Rosman mengatakan, operasi tersebut sangat penting bagi masyarakat yang menderita katarak.
Pemkab Bateng dan instansi terkait akan terus membantu agar penderita katarak di Bateng dapat disembuhkan, terutama yang berasal dari kalangan tidak mampu.
"Kami berharap masyarakat atau yang memiliki saudara menderita katarak untuk mendaftar di puskesmas-puskesmas. Sentuhan seperti ini (operasi gratis katarak) dibutuhkan masyarakat," ujar Erzaldi.
Dia menyebut, operasi katarak akan terus dilaksa-nakan secara berkesinambungan. Ke depan, kegiatan seperti ini akan kembali dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah. Selain operasi katarak, diharapkan kegiatan lain juga bisa dilaksanakan seperti operasi hernia atau operasi bibir sumbing.
Guna mendukung kegiatan ini, Pemkab Bateng juga berupaya bekerja sama dengan pihak-pihak yang peduli dengan layanan kesehatan, seperti Perdami.
"Pemkab juga menyurati pihak-pihak yang akan melaksanakan kegiatan sosial seperti ini. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada para dokter yang telah melaksanakan operasi ini untuk masyarakat," kata Erzaldi
sumber : http://bangka.tribunnews.com/2015/05/09/puskesmas-se-bateng-buka-pendaftaran-pasien-katarak
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar