Cari

Jumat, 05 Juni 2015

Tak Cuma Wortel, Konsumsi Sayuran Ini Juga Sehatkan Mata dan Cegah Katarak

Jakarta, Selama ini diketahui kesehatan mata lebih dipengaruhi oleh konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel. Namun kini studi mengungkapkan bahwa ada asupan lain yang sebenarnya juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Disimpulkan oleh para peneliti dari berbagai hasil penelitian bahwa konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E bisa mengurangi risiko terkena katarak hingga 25 persen. Selain dari bayam dan brokoli, asupan vitamin E bisa didapat dari kacang-kacangan, biji-bijian, kerang, minyak tumbuhan dan alpukat.

Ya, tim peneliti dari Qingdao University Medical College menyimpulkan hal ini berdasarkan pada 27 studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Public Health Nutrition. 

Baca juga: Identik dengan Lansia, Katarak Kini Sasar Usia yang Lebih Muda

"Hasil temuan kami memiliki implikasi klinis dan kesehatan yang penting sehubungan dengan pencegahan katarak. Terdapat penurunan risiko secara signifikan dengan mencukupi asupan vitamin E setiap hari," ujar pemimpin penelitian ini, Dr Yufei Zhang, seperti dikutip dari Daily Times, Selasa (26/5/2015).

Hasil penelitian Zhang dibenarkan oleh Dr Carrie Ruxton, ahli gizi dari Health Supplements Information Service (HSIS). Ia menyebutkan bahwa risiko katarak terkait usia dapat diturunkan dengan pemenuhan kebutuhan vitamin E. 

"Vitamin E adalah antioksidan yang terdapat dalam lensa mata. Nah, stres oksidatif pada lensa mata yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti sinar matahari dan polusi lingkungan dapat mengurangi pertahanan antioksidan lensa dan meningkatkan risiko katarak," tutur Ruxton.

Oleh sebab itu, selain sebisa mungkin mengurangi terlalu banyak paparan sinar matahari secara langsung pada mata, ada baiknya juga Anda mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E.
(ajg/up)

sumber: http://health.detik.com/read/2015/05/26/192944/2925762/1410/tak-cuma-wortel-konsumsi-sayuran-ini-juga-sehatkan-mata-dan-cegah-katarak







Tidak ada komentar:

Posting Komentar