Cari

Kamis, 18 Juni 2015

Tips Mudah Jaga Kesehatan Mata

Analisadaily – Salah satu indera yang paling berharga adalah mata. Hal ini ditunjukkan dalam hasil survei tahun 2012 dari American Optometric Association (AOA) . Mereka melaporkan hasil penelitiannya bahwa sebagian dari responden menyatakan, mata adalah hal yang paling berharga daripada daya ingat dan ketahanan fisik mereka dalam berjalan.
Sejalan dengan penelitian itu, selayaknya Anda tahu bahwa fungsi mata tak hanya untuk melihat. Tapi juga sebagai jembatan antara pengetahuan Anda dan dunia luar. Tanpa mata yang sehat, mungkin bisa mengurangi kualitas informasi yang Anda butuhkan sehari-hari. Tentunya akan sangat mengganggu jika di kemudian hari mata Anda rusak karena kurang merawatnya saat ini.
Penggunaan gadget seperti laptop dan smartphone dalam jangka panjang bisa menimbulkan sakit kepala, penglihatan kabur, sakit leher, mata kering atau memerah, mudah lelah, penglihatan ganda, dan sulit fokus.
Para ahli merekomendasikan banyak tips mudah untuk menjaga kesehatan mata Anda. Salah satunya adalah rutin memeriksakan mata Anda minimal setahun sekali.  Selengkapnya berikut seperti yang dipaparkan oleh Real Simple:
1. Jaga Jarak Pandang ke Layar Monitor
Berdasarkan hasil penelitian Council of Research Excellence, ternyata rata-rata orang dewasa menghabiskan aktivitas di depan layar selama 9,5 jam per hari. Bagi Anda para pekerja kantoran atau pengguna aktif gadget, para ahli menyarankan untuk menjaga jarak pandang Anda sepanjang lengan untuk penggunaan komputer dan 16 inci untuk penggunaan layar lainnya. Setidaknya, hindari penggunaan layar monitor dengan cahaya kontras dan aturlah ukuran huruf dalam layar Anda menjadi lebih besar.
2. Berkedip
Setiap hari normalnya manusia berkedip sekitar 15-20 kali per menit. Namun, tingkat kedipan mata Anda bisa berkurang sampai setengahnya ketika menatap layar teks di komputer. Rosenfield, ahli mata American Optometric Association menyarankan untuk mempraktikkan formula 20/20/20 yakni, setiap 20 menit, lihat layar sejauh 20 inci selama 20 detik. Hal ini membantu mata Anda memproduksi air ke daerah yang terkena paparan sinar ultraviolet.
3. Gunakan Kacamata
Rachel Cohn, dokter mata sekaligus pemilik Wink Eyecare Boutique di Potomac, Maryland mengatakan bahwa seiring waktu, paparan ultraviolet bisa menimbulkan katarak, pertumbuhan non kanker dan kanker di dalam dan sekitar mata. Untuk mencegahnya, AOA menyarankan Anda untuk menggunakan kacamata antiradiasi. Setidaknya, kacamata tersebut mampu menghalangi 99 persen paparan radiasi UVA dan UVB.
4. Ayo, makan ikan!
Penelitian tahun 2011 dari Archives of Ophthalmology menunjukkan adanya manfaat mengonsumsi ikan laut seperti ikan tuna, makarel, salmon, sarden, dan ikan todak. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan Omega-3 yang mampu menurunkan resiko sakit mata sebanyak 42 persen. Selain itu, Omega-3 juga mampu memproduksi kelenjar airmata agar lebih sehat.
"Minyak ikan dan suplemen minyak ikan sarat dengan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti AMD," kata Tanya Zuckerbrot, seorang ahli diet yang terdaftar di New York City. Ia juga menganjurkan untuk makan 4 ons lemak ikan sebanyak 5-6 porsi setiap minggu.
5. Makan sayuran
Peneliti dari University of Georgia di Athena menemukan bahwa sayuran berdaun hijau dapat memperbaiki penglihatan dengan mengurangi efek stres silau dan paparan cahaya terang, karena mereka membantu menyerap cahaya. Selain itu penelitian di Inggris juga menunjukkan bahwa para vegetarian cenderung memiliki 30 persen resiko lebih rendah terkena katarak daripada orang yang makan daging 3,5 ons dalam sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar