Cari

Senin, 15 Agustus 2016

Gubernur Syahrul Minta Bupati Anggarkan Operasi Katarak di APBD

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menginstruksikan agar kepala daerah di kabupaten/kota menganggarkan operasi katarak secara gratis di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Hal itu diungkapkan Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri workshop Advokasi Program Kesehatan Mata di Makassar Golden Hotel, Selasa (9/8/2016).
“Katarak akan terjadi pada semua orang karena faktor usia. Namun, semua bisa dicegah kalau strategi, masalah penanganan mata, baik dari segi pencegahan maupun penanganan kesehatan mata bisa dilakukan, termasuk operasi katarak,” ujar Syahrul Yasin Limpo.
Olehnya itu, Syahrul Yasin Limpo telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Sulsel, Lions Club, dan Komite Mata Nasional, untuk merumuskan seperti apa konsep yang bisa dilakukan untuk mencegah tingginya gangguan kesehatan mata, khususnya kebutaan akibat katarak.
“Masa ada rumah sakit yang belum punya peralatan untuk operasi mata. Itu kelewatan,”kata Syahrul.
Menurutnya, salah satu indra yang penting adalah mata. Karena itu, rumah sakit harus ada perawatan khusus mata.
“Nanti Kadis Kesehatan menyurati rumah sakit agar menyiapkan alat dan kabupaten/kota harus konsentrasi disitu,” tegas Syahrul.
(dian mega/pojoksulsel)
sumber: http://sulsel.pojoksatu.id/read/2016/08/09/gubernur-syahrul-minta-bupati-anggarkan-operasi-katarak-di-apbd/
semoga berjalan dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar