Cari

Sabtu, 10 September 2016

5 Makanan Wajib Untuk Kesehatan Mata Anda

Kesehatan mata sangat penting untuk dijaga, lho. Kabar baiknya, beberapa penyakit mata seperti katarak hingga rabun senja dapat dicegah dengan beberapa makanan tepat. Apa saja ya makanan tersebut? Seperti yang diutarakan oleh Judy Caplan dari Academy of Nutrition and Dietetics, inilah daftar makanan pencegah penyakit mata:

1. Daun Kale
Sayuran berdaun hijau ini merupakan sumber yang kaya lutein dan zeaxanthin, yang berhubungan dengan vitamin A dan beta karoten. Kale diyakini melindungi jaringan mata dari kerusakan sinar matahari dan mengurangi risiko katarak. Sumber makanan lain yang kaya akan lutein dan zeaxanthin adalah, brokoli, lobak, bayam, kacang polong, dan anggur merah.

2. Ubi Manis
Ubi juga mengandung beta karoten, ketika masuk ke tubuh maka akan diubah menjadi vitamin A yang membantu mencegah mata kering dan rabun senja. Bila Anda tidak suka makan ubi, dapat diganti dengan butternut squash ataupun wortel. Agar beta karoten dan vitamin A dapat diserap dengan baik oleh tubuh Anda, sebaiknya tambahkan sedikit lemak seperti minyak zaitun.

3. Stroberi
Kandungan viamin C dan antioksidan di dalam stroberi ini dapat menurunkan risiko katarak. Pastikan makanan dengan vitamin C yang tinggi selalu ada dalam menu Anda, seperti paprika, brokoli, jeruk dan blewah.

4. Salmon
Makanlah makanan yang mengandung omega 3  dan vitamin D setiap minggu, cara ini efektif mencegah mata dari kekeringan. Selain salmon, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari sarden, makarel, susu, dan jus jeruk.

5. Teh Hijau
Mengonsumsi secangkir teh hijau dipercaya dapat menurunkan risiko katarak. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan dan catcehins, keduanya berfungsi sebagai antiinflamasi dalam tubuh Anda.

Sumber : 
http://www.motherandbaby.co.id/article/2016/9/42/6583/5-Makanan-Wajib-Untuk-Kesehatan-Mata-Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar