Cari

Selasa, 13 September 2016

Banyak Cara Memperlambat Katarak

JawaPos.com – Pandangan kabur akibat katarak menjadi problem banyak kaum muda. Sepuluh tahun silam, penderita katarak umumnya berusia sekitar 60 tahun.
Sekarang 50 tahunan, bahkan tak sampai itu. Ada banyak faktor penyebab. Dokter spesialis mata RSUD Ibnu Sina dr Risty Ari SpM menyatakan, jumlah penderita katarak memang tinggi.
Ada lebih dari 40 pasien dalam sehari. Dia menyebutkan, katarak terbagi menjadi empat jenis. Yakni, kongenital (keturunan), traumatik, komplikasi, dan degenerasi (penuaan).
Jenis katarak yang paling banyak dijumpai adalah komplikasi dan degenerasi. Rata-rata penderita katarak komplikasi memiliki riwayat penyakit kronis.
Salah satunya, diabetes. ”Penyakit itu bisa mengganggu metabolisme lensa mata,” jelasnya. Lensa mata akan buram. Pandangan pun semakin kabur.
Saat ini usia penderita diabetes semakin muda. ”Nah, mereka yang punya diabetes berisiko terserang katarak lebih cepat,” lanjutnya.
Menurut Risty, gaya hidup sangat memengaruhi penderita katarak yang semakin muda. Umumnya, mereka menggemari makanan cepat saji (fast food).
Anak-anak muda menderita diabetes yang kemudian berlanjut dengan katarak. Selain itu, paparan sinar ultraviolet (UV) bisa menurunkan kualitas lensa mata.
Orang yang kerap terpapar sinar UV secara langsung lebih berisiko terserang katarak. ”Memang disarankan menggunakan kacamata hitam atau anti-UV,” tuturnya.
Orang yang sering bekerja di depan komputer juga berisiko menderita katarak. Namun, risikonya tidak terlalu tinggi.
Dokter Imama Qosida SpM menambahkan, perbaikan gaya hidup bisa memperlambat munculnya penyakit katarak. Setiap orang berbeda. Ada yang cepat, ada yang lambat.
Namun, katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi. Jadi, lensa mata yang sudah buram harus diganti dengan lensa baru.
Jika dibiarkan, penyakit tersebut bisa menutupi seluruh bagian lensa mata. Akibat selanjutnya adalah kebutaan.
”Memang harus dioperasi. Nanti kataraknya disedot dengan alat khusus, lalu lensa mata yang baru ditanam sebagai ganti,” jelasnya.
Bagaimana mencegah katarak? Imama menuturkan, memperbaiki gaya hidup sangatlah penting. Selain itu, kita perlu memperbanyak makanan yang mengandung vitamin A.
Di antaranya, anggur, tomat, dan pepaya. Tujuannya, membantu metabolisme mata. (adi/c5/roz/sep/JPG)
Sumber :
http://www.jawapos.com/read/2016/08/30/47791/banyak-cara-memperlambat-katarak/1
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar