Cari

Jumat, 16 September 2016

Penderita Katarak di Kabupaten Bekasi Bertambah

Berdasarkan uji petik yang dilakukan Rumah Sakit Mata Cicendo pada 2015 lalu, ada sebanyak 9.000 warga Kabupaten Bekasi yang menderita katarak. Dari ribuan penderita penyakit tersebut, didominasi oleh lansia.
Untuk menekan angka kebutaan yang disebabkan katarak, Dinas Kabupaten Bekasi memberikan pelayanan operasi katarak secara gratis, Kamis (25/8) di UPTD Kesehatan Kerja Pasirgombong, Cikarang Utara. Namun dari 400 pasang mata yang akan dioperasi, hanya 79 orang.
“Untuk operasi yang dilakukan sekarang ada 150 yang datang, namun yang jadi operasi sekitar 79 orang, sisanya batal karena belum matang kataraknya dan juga tekanan darahnya tinggi serta gula darah masih tinggi, makanya akan kita jadwalkan lagi di bulan September nanti,” kata Kasi Pelayanan Kesehatan Khusus dan Rujukan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Masrikoh.
Masrikoh mengatakan, penderita katarak di Kabupaten Bekasi kebanyakan merupakan lansia, meski ada penderita katarak genetik yang diderita oleh anak-anak dan remaja. Penyebabnya, kata dia, bisa karena lingkungan seperti polusi udara ataupun karena pekerjaan sehingga.
“Jadi memang kebanyakan penderita katarak itu ada di wilayah yang padat penduduk seperti di Tambun Selatan, Karangbahagia, Cikarang Utara, Tarumajaya atau di Babelan, dan kita bisa memprediksinya karena populasi penduduk kabupaten selalu naik setiap tahun maka berpengaruh juga dengan jumlah penderita katarak,” ungkapnya.
Dalam penanganan operasi katarak, kata Masrikoh, kebanyakan yang mendaftar ialah warga miskin di Kabupaten Bekasi.
“Kebanyakan memang warga tidak mampu tapi ada satu dua mereka yang memang orang kaya, mungkin karena percaya dengan Cicendonya yang melakukan operasi,” ujarnya.
Masih Masrikoh, operasi katarak yang dilakukan pemerintah daerah masih terkendala anggaran. Karena kegiatan Dinas Kesehatan dibagi dengan kegiatan yang lain, sehingga belum memfokuskan untuk pelaksanan secara penuh.
“Sekarang saja tahun ini termsuk banyak, tahun depan saja kemungkinan akan turun jumlah warga yang akan dioperasi, kan menyesuaikan anggaran,” tuturnya.(dho/rbs/gob)
sumber:
http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/08/26/penderita-katarak-di-kabupaten-bekasi-bertambah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar