Cari

Kamis, 22 September 2016

Tips Diet Melawan Penyebab Kebutaan

GLAUKOMA adalah penyebab kebutaan terbesar setelah katarak. Glaukoma sering disebut silent disease dimana ia merusak saraf optik ketika cairan di dalam mata, aqueous humor, tidak mengalir keluar dengan benar. Disebut silent disease karena proses ini tidak menyakitkan dan terjadi secara bertahap sehingga Anda tidak melihat penyempitan visi Anda sampai kerusakan permanen telah terjadi.
"Pilihan diet glaukoma dapat membantu pasien glaukoma memperlambat gangguan dan membantu merawat mata mereka," kata ahli gizi, diet konsultan dan pendiri manajemen kesehatan Nutrilife, Dr. Shilpa Mittal, seperti dilansir laman Health Me Up, Kamis (2/10).

Berikut tips diet untuk melawan glaukoma:
1. Diet terbaik untuk melawan glaukoma adalah makanan yang tinggi antioksidan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin B kompleks. Nutrisi ini akan membantu untuk melindungi mata. Biji, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan segar dan sayuran merupakan sumber yang baik dari nutrisi ini.
2. Hindari kopi, karena kandungan kafein yang tinggi meningkatkan tekanan darah, meningkatkan tekanan dalam bola mata (Tekanan Intra Okular).
3. Wortel dan sayuran berwarna hijau tua sangat membantu menurunkan risiko glaukoma hampir 60 persen.
4. Minum teh hijau dapat membantu melindungi mata. Sebuah studi menemukan bahwa retina dan humor aqueous menyerap antioksidan dalam teh hijau.
5. Latihan aerobik dan peregangan otot dapat menurunkan tekanan mata.
6. Meditasi juga melemaskan tubuh dan mengurangi stres. Bernapas dalam-dalam dan berfokus pada napas Anda selama meditasi memungkinkan Anda mengambil lebih banyak oksigen, membuat Anda merasa tenang dan damai.(fny/jpnn)

1 komentar: